ZMedia Purwodadi

Diikuti 1052 Karyawan, Ketua PMI H Imam Utomo Apresiasi Donor Darah PT. Tjiwi Kimia

Daftar Isi
Diikuti 1052 Karyawan, Ketua PMI H Imam Utomo Apresiasi Donor Darah PT. Tjiwi Kimia

MOJOKERTO
– Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur H. Imam Utomo S menghadiri donor darah yang di gelar PT. Tjiwi Kimia dan anak perusahaan di Jalan Kramat Temanggung, Kec. Tarik Kab. Sidorajo, Kamis (3.10/2024). Aksi donor darah tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke 52 pabrik kertas terbesar tersebut.

Imam Utomo mengapresiasi pelaksanaan donor darah yang diikuti oleh karyawan pabrik kertas, apalagi jumlah pesetanya sangat banyak. Tadi disampaikan oleh Pak Ongki (Gijan Ongkoredjo) Advisor PT. Tjiwi Kimia bahwa donor darah ini dilakukan secara rutine tiap tiga bulan sekali.

“Ini sangat positif dan baik. Harapannya kegiatan sosial seperti ini bisa ditiru oleh pabrik pabrik yang lain. Pendonornya banyak yang baru. Ada yang baru  dua kali, ada yang sudah 48 kali. Tapi umumnya karyawan muda muda,” tutur H Imam Utomo gubernur Jawa Timur mulai 1998-2008 ditengah acara peninjauan.

Meski begitu Imam Utomo mengingatkan bahwa kebutuhan darah untuk melayani semua rumah sakit di Jawa Timur setahunnya berkisar antara 750.000 kantong darah. Produksi darah tidak bisa berlebihan. Kalau terjadi over produksi, terus darah akan di kemanakan. Sementara perawatan darah itu sangat mahal. Jadi harus dihitung dengan cermat antara kebutuhan dan produksi darahnya. “Untuk urusan darah Jawa Timur nomor satu se Indonesia karena orangnya rela membantu sesama,” tegasnya.

Menurut Imam Utomo, yang kita perlukan saat ini adalah pendonor sukarela dimana ketika mereka kita butuhkan pendonor sukarela siap untuk berdonor. Ya seperti Tjiwi Kimia, tiap tiga bulanan.

“Saya senang sekali karena karyawan Tjiwi Kimia ternyata rutine melakukan donor darah. Bahkan mampu menyuplai kebutuhan darah untuk Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan bahkan Lamongan.

Sementara itu Gijan Ongkorejo advisor PT. Tjiwi Kimia, Tbk, mengatakan, PT. Tjiwi Kimia dengan jumlah 66.000 karyawan itu memang rutine tiga bulan sekali melakukan donor darah. Pada tahun 2024 ini kebetulan pesertanya cukup banyak yaitu 1052 bertepatan dengan HUT ke 52. Tahun lalu pesertanya 1051. Namun sesungguhnya donor darah seperti ini rutine dilakukan tiap tiga bulan sekali.

“Kami sangat berterimakasih bahwa Ketua PMI Jawa Timur Pak Imam Utomo berkenan hadir di pabrik. Semula kami ragu ragu apakah beliau berkenan hadir apa tidak. Tapi ternyata Pak Imam mau datang,” tandas Ongkie panggilan akrap sehari hari sekaligus ketua dewan pembina Yayasan Sinar Mas JawaTimur.

Aksi ini ini juga diilhami dari kedatangan kami pada HUT PMI Jawa Timur di Gresik beberapa waktu lalu. Saat itu kami datang mengikuti upacara HUT PMI atas undangan Pak Imam sebagai pengurus Yayasan Bhakti Persatuan Jawa Timur. Hari ini kami mengundang Pak Imam ke pabrik Tjiwi Kimia dan ternyata berkenan hadir.

Didampingi Beny Haryawan, Public Affair and License -Sustainbility Division PT. Tjiwi Kimia, Ongkie menyebutkan bahwa bersama anak perusahaan siap membantu kebutuhan darah PMI Jawa Timur. Kalau Pak Imam membutuhkan darah silah kami dihubungi dan siap untuk berdonor darah, ungkapnya (*)


@perintis.co.id