ZMedia Purwodadi

Kita Perintis, Bukan jadi Pewaris kata yang tidak asing sering kita dengar

Daftar Isi

Pasti sudah nggak asing dengan kata “perintis bukan pewaris”. Kata tersebut seringkali diucapkan di percakapan sehari-hari. Namun, apakah Blibli Friends sudah tahu makna sebenarnya dari kata “perintis”? Jika belum, berarti kamu belum tahu arti sebenarnya dari kata tersebut dan perlu mempelajarinya lebih seksama lagi.

Kita Perintis, Bukan jadi Pewaris

Agar lebih memahami suatu makna kata, 

mencari tahu apa saja antonim dan sinonim dari kata tersebut lho. Pasalnya, setiap kata biasanya memiliki lawan kata (antonim) atau persamaan kata (sinonim). Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang antonim perintis dalam bahasa Indonesia dan contoh kalimatnya. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Arti Perintis dalam Bahasa Indonesia

Ada banyak kata yang tersedia di bahasa Indonesia. Beberapa kata mungkin terasa sulit untuk dimengerti karena kurang sering digunakan untuk percakapan sehari-hari. Kata perintis sebenarnya sudah cukup sering digunakan untuk percakapan sehari-hari lho. Namun, masih banyak yang belum tahu arti dan makna dari kata perintis dalam bahasa Indonesia.

Ada banyak arti atau pengertian dari suatu kata jika digunakan untuk percakapan sehari-hari. Perintis sendiri memiliki arti sebagai orang yang memulai untuk mengerjakan sesuatu. Perintis juga dapat diartikan sebagai pelopor yang membuat langkah pertama untuk mengerjakan sesuatu di masa lalu. Selain itu, perintis juga bisa diartikan sebagai usaha pertama untuk pembuka jalan.

Dalam struktur kalimat bahasa Indonesia, perintis termasuk ke dalam kata nomina. Jenis kata nomina merupakan kata benda yang menyatakan nama seseorang, tempat, atau benda yang bisa dibendakan. Jenis kata ini biasanya berfungsi untuk subjek atau objek dari suatu klausa.

Apa Antonim Perintis?

Selain memiliki persamaan kata, perintis juga memiliki lawan kata atau antonim lho. Mengetahui bentuk lawan kata akan mempermudah kamu untuk lebih memahami tentang makna dari suatu kata. Nah, apa saja sih antonim dari kata perintis?

Antonim dari kata perintis adalah pewaris dan bawahan. Kedua kata tersebut memiliki arti atau makna yang sangat berlawanan dari kata perintis. Jika kata perintis memiliki makna sebagai seseorang yang melakukan hal pertama, maka pewaris atau bawahan bukanlah orang yang memulai suatu hal. Keduanya memiliki arti yang sangat berbeda di penggunaan kalimat sehari-hari.

Sinonim Perintis

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, setiap kata biasanya memiliki persamaan atau padanan katanya. Perintis juga memiliki bentuk kata lain yang memiliki arti serupa atau hampir sama lho. Lantas, apa saja sih sinonim dari kata perintis? Ternyata, kata perintis memiliki banyak sinonim dalam bahasa Indonesia lho.

Beberapa bentuk sinonim dari kata perintis adalah pelopor, pemandu, pemuka,pengasas, pengiring,  pemula, peneroka, penganjur, perambah, dan pioneer. Selain itu, ada beberapa kata lain yang juga termasuk dalam sinonim perintis lho. Beberapa bentuk sinonim dari kata perintis adalah pencetus, pengambil inisiatif, penggagas, penggerak, pendahulu, pembimbing, pembuka jalan, dan lainnya.

Contoh Kalimat dengan Kata Perintis

Kita Perintis, Bukan jadi Pewaris

Membahas tentang suatu kata akan lebih mudah jika Blibli Friends juga tahu apa contoh kalimatnya. Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang apa saja contoh kalimat dengan kata penerus yang biasa ditemukan di percakapan dalam bahasa Indonesia. Melalui contoh kalimat berikut ini, diharapkan kamu jadi lebih tahu arti dan makna dari kata penerus, ya!

1. Andi adalah perintis dari usaha ayam petelur yang kini berhasil berkembang dan dibudidayakan di desanya
(Penjelasan : Andi merupakan orang yang pertama kali memiliki ide untuk memulai bisnis ayam petelur yang kemudian berkembang dan ditiru oleh masyarakat sekitar desanya)

2. Risa merupakan perintis usaha ayam geprek yang saat ini tengah menjadi trend di kalangan anak muda
(Penjelasan : Risa adalah pelopor atau orang pertama yang menciptakan masakan ayam geprek)

3. PT. ABC merupakan perintis obat untuk mengatasi permasalahan jerawat untuk kalangan remaja
(Penjelasan : PT ABC adalah perusahaan yang pertama kali menciptakan obat untuk mengatasi permasalahan jerawat di kalangan remaja)

4. Café Indah Asri merupakan perintis menu dalgona coffee yang pernah menjadi trend di media sosial
(Penjelasan : Café Indah Asri adalah pihak pertama yang menciptakan menu dalgona coffee, kemudian menjadi trend di media sosial)

5. Perintis usaha fotocopy keluarga ini adalah Bapak Budi
(Penjelasan : Bapak Budi adalah orang pertama dari pihak keluarga yang memulai ide usaha foto copy tersebut)

6. Negara XYZ merupakan perintis proyek pengembangan mobil bertenaga listrik
(Penjelasan : Negara XYZ adalah pihak pertama di dunia yang mengembangkan proyek mobil bertenaga listrik)

7. Perintis usaha makanan bertema apung ini adalah kakek saya
(Penjelasan : Kakek adalah orang pertama yang memulai bisnis usaha makanan bertema apung)

8. Pemilik bisnis ayam goreng ABC saat ini bukanlah orang yang pertama kali merintis usaha tersebut
(Penjelasan : Pemilih bisnis ayam goreng ABC saat ini bukan orang yang pertama kali memulai usaha tersebut)

9. Andin merupakan orang yang pertama kali merintis usaha fashion ini
(Penjelasan : Andin adalah orang pertama yang memulai bisnis fashion tersebut)

10. Artis ABC adalah perintis usaha kue kekinian yang menggandeng banyak public figure lainnya
(Penjelasan : Artis ABC merupakan orang yang pertama kali merintis usaha kue kekinian dan menggandeng banyak public figure lainnya)

Contoh Kalimat dengan Kata Antonim Perintis

Lebih memahami kata dari perintis, maka kamu juga harus tahu apa saja contoh kalimat dengan kata yang memiliki arti berlawanan dari “perintis”. Berikut ini sudah disiapkan beberapa contoh kalimat yang mengandung kata antonim dari perintis. Penasaran apa saja contoh kalimatnya? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Rebecca adalah penerus usaha ayam goreng BCD yang populer di kawasan Jakarta Selatan
(Penjelasan : Rebecca bukan orang pertama yang merintis usaha ayam goreng BCD, melainkan generasi penerus yang melanjutkan usaha tersebut)

2. Dani merupakan bawahan dari Pak Bambang yang mengatur masalah pergudangan
(Penjelasan : Dani bukanlah orang yang pertama kali mengurus masalah pergudangan, melainkan bawahan dari Pak Bambang)

3. Intan adalah generasi penerus dari perusahaan retail ini
(Penjelasan : Intan adalah generasi yang akan melanjutkan bisnis perusahaan retail tersebut)

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai antonim perintis dan contoh kalimatnya dalam bahasa Indonesia. Gimana, apakah kamu sekarang sudah paham tentang arti kata perintis.

Copyright @perintis.co.id