ZMedia Purwodadi

Candi Jabung terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Daftar Isi
Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. 

Candi Jabung

Candi Jabung merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang dibangun pada tahun 1354 M. Pada kitab Negarakertagama dikatakan bahwa Raden Hayam Wuruk pernah mengunjungi Candi Jabung pada tahun 1359 M. 

Pada kitab Pararaton mengatakan bahwa diperkirakan candi ini dibangun untuk pemakaman Bhra Gundul salah seroang keluarga raja.

Candi Jabung terdiri dari dua bangunan yaitu candi utama dan satu bangunan yang lebih kecil. 

Yang menarik dari candi ini adalah bahan dasarnya yang terbuat dari batu bata merah berkualitas tinggi yang diukir dalam bentuk relief. Struktur bangunan yang terbuat dari candi ini mampu bertahan hingga ratusan tahun.


Candi utama terbuat dari batu bata merah dengan ukuran panjang 13,11 meter, lebar 9,58 meter dan tinggi 15,58 meter. Jika dilihat dari segi arsitekturnya, Candi Jabung memiliki keunikan yaitu bentuk tubuhnya yang berbentuk bulat (silinder) yang terdiri dari bagian kaki candi bertingkat tiga berbentuk persegi. 

Sedangkan pada bagian atap berbentuk stupa. Letak pintu bilik candi berada pada sisi sebelah barat, maka Candi Jabung menghadap arah barat.

Pada sisi sebelah barat daya candi utama terdapat bangunan candi yang lebih kecil yang berfungsi sebagai pelengkap candi induk Candi Jabung. 

Candi ini juga terbuat dari batu bata merah berukuran tiap sisinya 2,55 meter dan tinggi 6 meter. Pengunjung tidak diperkenankan masuk ke dalam candi mungkin mengingat kekuatan candi agar tidak cepat rusak.

Di sekitar candi banyak dijumpai pohon maja yang berbuah hijau berukuran sebesar buah melon dan rasanya pahit. 

Di lokasi Candi Jabung masyarakat dapat mengetahui sejarah Candi Jabung melalui papan informasi yang disediakan di depan candi. 

Dijelaskan pada tahun 1978 kondisi Candi Jabung tampak tidak terurus dengan seluruh bangunan ditumbuhi pohon dan rumput liar. Barulah pada tahun 1980 Pemkab Probolinggo melakukan pemugaran candi untuk merenovasi bagian yang rusak. 

Pada tahun 1987 pemugaran telah selesai dan Candi Jabung dibuka untuk umum.

perintis.co.id